Jakarta, CNBC Indonesia – PT Shield On Service Tbk (SOSS) akan mengakuisisi 50% kepemilikan di PT Human Resources Provider (HRP) untuk meningkatkan pendapatannya di industri penyedia tenaga kerja. Setelah akuisisi ini, kontribusi usaha penyedia tenaga kerja ini akan meningkat dari pendapatan jasa tenaga kerja.

Direktur Keuangan Shield On Service Prasetyo Wibowo mengatakan dengan akuisisi yang dilakukan jelang akhir tahun ini maka pendapatan perusahaan di tahun ini bisa meningkat sampai 50% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara, rata-rata per tahunnya pendapatan perusahaan stabil tumbuh di angka 5%-10%.

“Perusahaan yang akan kita akuisisi ini omsetnya Rp 200 miliar-Rp 300 miliar, karena langsung dikonsolidasi maka akhir tahun ini pendapatan kita bisa naik sampai 50%,” kata Prasetyo di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (6/11).

Prasetyo mengungkapkan, permintaan dari tenaga kerja alih daya cukup tinggi di lingkungan industri sehingga kondisi ini menjadi pertimbangan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan di jasa tenaga kerja.

Untuk akuisisi ini, perusahaan menganggarkan dana sebesar Rp 8,50 miliar yang berasal dari dana hasil penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

Setelah akuisisi ini, kontribusi pendapatan dari bisnis perusahaan lainnya akan menjadi 40% untuk jasa tenaga kerja, 30% untuk jasa kebersihan 20%-30% jasa keamanan dan 3% untuk jasa parkir.

Selain mengakuisisi usaha baru, di tahun ini perusahaan juga menggunakan dana hasil IPO senilai Rp 29,38 miliar untuk menekan jumlah utang perusahaan untuk meningkatkan margin profit perusahaan.

Dia menyebutkan, saat ini rasio utang terhadap modal (debt to equity ratio/DER) berada di kisaran 1-2 kali, dengan pembayaran utang ini DER akan level 0,5 kali.

Hingga akhir tahun perusahaan menargetkan pendapatan sebesar Rp 1 triliun dengan target laba bersih sebesar Rp 20 miliar-Rp 30 miliar.

(roy)

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com